Login / buat akun
SABDA Labs
Lihat sumber | Diskusi | Versi terdahulu | Pranala balik | Perubahan terkait

Pencarian


Pencarian Alkitab


Ketik kata atau ayat:

Alkitab Bahan


SABDA


Forum
Peta isi
Halaman ini
Lihat sumber
Bagian baru
Versi terdahulu
Halaman saya
Masuk log / buat akun
Halaman istimewa
Halaman istimewa
Daftar halaman
Halaman baru
Perubahan terbaru
Pranala balik
Perubahan terkait

Tutorial SABDA/Mahir

Dari SABDA Labs

< Tutorial SABDA

Daftar isi

Definisikan Topik atau Buku

Buka program SABDA. Pada menu klik Alat-alat > Alat-alat Modul User > Tetapkan Modul User.

Berkas

Memasukkan Informasi

Jika anda menggunakan contoh material yang kami sediakan, masukkan informasi seperti yang terlihat dibawah ini. Jika materi tersebut besar, anda mungkin akan memilih "buku" daripada "topik" pada bagian "jenis".

Perhatikan bahwa nama yang digunakan didahului oleh underscore(garis bawah). Ini digunakan karena ketika anda melakukan kompilasi, akan ada dua modul yang dibuat - Yang satu akan dinamakan "_PRODSON" yang tidak dikompilasi dan modul yang lain akan dinamakan "PRODSON" yaitu modul yang dikompilasi. Kedua modul ini akan disimpan.

Berkas

Setting Lanjutan

Klik pada tab "Pilihan Lanjutan". Pilih Alkitab AV. Jangan mengubah yang lain - biarkan index pada nol, radiks 50 and Charset Font default.

Berkas

Deskripsi Modul

Klik pada tab "Module Description". Masukkan deskripsi modul tersebut. Pada bagian kategori, pilih kategori yang diinginkan, dalam contoh ini pilih kategori topik. Klik OK untuk membuat modul dan menutup.

Berkas

Sisipkan Penanda Topik

Buka Notepad pada Windows and carilah file "topic.txt" yang seharusnya sudah dicopi kedalam direktori anda. Pada awal teks, tempatkan penanda topik $$$ 1 seperti yang terlihat di gambar. Pastikan untuk memberi spasi diantara tanda dollar dan angka.

Petunjuk

Jika bekerja dengan sebuah topik yang besar, masukkan sebuah penanda dan angka untuk bagian topik yang pertama saja. Anda tidak perlu menambahkan angka pada bagian yang lain, hanya tambahkan penanda $$$. Program ini akan secara otomatis menambahkan angka ketika anda melakukan import. Pastikan untuk tidak menandai "Periksa Urutan"

Berkas

Masukkan penanda kedua seperti yang ditampilkan di bawah ini.

Berkas

Dan penanda ketiga ...

Berkas

Simpan dan Ubah Nama

Klik "File > Save As"..

Berkas

Dialog box seperti yang ditampilkan dibawah ini akan terbuka. Ubah nama file menjadi

_PRODSON.EXP

Berkas

*PENTING*

Dalam "Save as type:" anda HARUS mengubahnya menjadi All Files (*.*) dengan klik pada drop down box dan pilih di dalamnya. Jika anda tidak melakukan ini nama file akan memiliki dua extensi dan program SABDA tidak akan menemukannya.

Notepad akan menampilkan nama file yang baru pada bagian kiri atas. Sekarang kita sudah selesai, jadi tutup Notepad dan buka program SABDA.

Berkas

Import File Text

Buka program SABDA dan klik "Alat-alat > Alat Modul User > Impor Modul > Catatan/Topik/Buku/Leksikon".

Berkas

Dalam bagian "Ke Modul:" klik "_PRODSON - The Prodigal Son by A.W. Pink".

Berkas

Temukan file exp dengan memilih drive dan directori yang ditampilklan diatas. Pilih "Mode Input Batch" dan "Periksa Urutan". Tombol OK sekarang sudah bisa digunakan. Klik OK untuk mengimpor teks tersebut.

Catatan: Jika tombol OK tetap tidak dapat digunakan (abu-abu) berarti mungkin anda tidak memilih lokasi file exp yang tepat atau file tersebut tidak dinamakan dengan benar. Buka program file manager anda dan cek lokasinya dan penamaan yang benar.

Membuat Index Topik

Buka topik melalui "File/Baca > Buka/Baca > Buku/Topik". Window yang ditampilkan dibawah ini akan terbuka. Klik OK.

Berkas

Sebuah halaman kosong akan terbuka. Klik kanan dimanapun pada halaman yang kosong tersebut untuk membuka menu popup yang ditampilkan dibawah ini dan pilih "Edit Catatan" pada menu. Ini akan membuka editor. Petunjuk: Menekan "e" juga akan membuka editor.

Berkas

Masukkan teks berikut ini (anda dapat copi dan paste jika anda tidak ingin mengetikkannya).

$Index
"1"  Who does the "prodigal son" represent?
"2"  The Prodigal Himself
"3"  The Prodigal's Reception

Berkas

Setelah memasukkan teks, klik kanan lagi dan pilih "Simpan/Keluar" dari menu popup.

Berkas

Bekerja dengan Menggunakan Editor

Buka topik melalui "File/Baca > Buka/Baca > Buku/Topik". Klik dua kali pada baris pertama di dalam index

Berkas

Topik yang pertama akan terbuka. Klik kanan pada mouse untuk membuka menu popup yang ditampilkan dibawah ini. Pilih "Edit Catatan" pada menu untuk membuka editor tersebut. Petunjuk: Menekan "e" juga akan membuka editor.

Berkas

Klik kanan pada baris pertama dan pilih "Format Otomatis" pada menu popup. Fasilitas ini secara otomatis akan membuat baris tersusun dengan rapi, memformat perikop alkitab yang ada dan untuk cek error.

Berkas

Anda akan mendapat pesan error yang ditampilkan dibawah ini jika anda menggunakan materi yang kami berikan. Pesan ini berarti ada sebuah double quote (tanda petik dua) yang hilang. Lihat pada paragraph kedua pada baris - are told, 'Then drew near.- digunakan tanda single quote (tanda petik satu). Ubah itu menjadi - are told, "Then drew near - tanda petik dua.

Berkas

Topic 1

Topic 2

Topic 3

Ada kesalahan-kesalahan yang lain di dalam teks yang juga harus diperbaiki. Kami mendapat cara yang terbaik adalah dengan menggunakan hotkeys pada urutan berikut ini setelah memperbaiki -

Berkas

Ketika selesai dengan koreksi, klik kanan lagi untuk membuka meu popup dan pilih "Simpan/Keluar" atau gunakan kombinasi hotket CTRL+Z.

Berkas

Tekan tanda panah untuk pindah kepada topik yang berikutnya dan membuka editor untuk membuat koreksi. Setelah semua error telah diperbaiki, lanjutkan kepada langkah berikutnya yaitu untuk kompilasi materi.

Kompilasi Materi Anda

Dalam langkah selanjutnya yang merupakan langkah terakhir, kita akan mengkompilasi materi ini. Dengan melakukan ini, anda akan dapat melakukan pencarian dengan menggunakan program pencarian kata/frase. Dalam bentuk sudah terkompilasi, materi tersebut tidak dapat diubah, yang kami rasa adalah fasilitas yang anda inginkan.

Buka program dan pada menu, klik "Alat-Alat > Alat Modul User > Alat Kompilasi Modul User > Kompilasi Modul" seperti yang ditampilkan dibawah ini.

Berkas

Pilih modul _PRODSON pada "Nama Modul" dan matikan semua option kecuali "Periksa Baris Kosong Berlebih". Klik OK untuk memulai proses kompilasi.

Berkas

Ketika proses sudah selesai, sebuah window akan terbuka, memberikan anda sebuah laporan seperti yang terlihat dibawah ini. Ini berarti modul tersebut telah berhasil dikompilasi.

SELAMAT!

Berkas

Tekan F9 untuk membuka window pilihan yang diinginkan dan lihat pada tab Topik/Buku. Kedua modul seharusnya sudah ada pada list -

_PRODSON adalah copi yang tidak terkompilasi.

PRODSON adalah copi yang terkompilasi.


Disadur dari http://www.sabda.net/advance_tutorial

Diperoleh dari "http://labs.sabda.org/Tutorial_SABDA/Mahir"

Halaman ini telah diakses sebanyak 530 kali.
Halaman ini terakhir diubah pada 11:59, 9 Juni 2016.