Login / buat akun
SABDA Labs
Lihat sumber | Diskusi | Versi terdahulu | Pranala balik | Perubahan terkait

Pencarian


Pencarian Alkitab


Ketik kata atau ayat:

Alkitab Bahan


SABDA


Forum
Peta isi
Halaman ini
Lihat sumber
Bagian baru
Versi terdahulu
Halaman saya
Masuk log / buat akun
Halaman istimewa
Halaman istimewa
Daftar halaman
Halaman baru
Perubahan terbaru
Pranala balik
Perubahan terkait

Interlinear

Dari SABDA Labs

Interlinear (ITL) adalah baris-baris paralel yang ayat/kalimat/katanya saling berkorelasi dan memberi suatu informasi. Oleh karena itu, ITL merupakan salah satu alat PA yang memadai untuk melakukan studi kata. Alkitab adalah buku yang paling populer, paling berpengaruh dalam sejarah, paling banyak dicetak serta diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Namun, ada kemungkinan terjadi gap (kesenjangan) antarterjemahan, khususnya karena perbedaan bahasa asli Alkitab dan bahasa terjemahan. ITL bisa digunakan untuk mempelajari/korelasi Alkitab dengan bahasa asli untuk mengetahui makna literal dari kata/frasa dalam teks bahasa asli Alkitab (PL: Ibrani, PB: Yunani). Dengan begitu, kita bisa mendapatkan pemahaman yang tepat dan lebih luas tentang kata tersebut dan relevansinya dengan kita saat ini.

ITL bisa berupa buku cetak yang menampilkan nomor kamus Strong pada tiap kata Alkitab. Tentunya dibutuhkan jilid buku yang sangat tebal untuk menampung semua bahan itu dan harganya bisa sangat mahal. Akan lebih efektif dan efisien jika kita menggunakan teknologi digital untuk menampung semua data tersebut sehingga menghasilkan "data set korelasi" untuk studi Alkitab berdasarkan bahasa asli. Alat-alat terkait yang digunakan sebagai data dalam ITL digital adalah Alkitab bahasa [1], [2], dan Strong's Concordance. Setiap kata dalam Alkitab bisa diintegrasikan dengan kata-kata dalam bahasa asli (+nomor Strong) dan uraian maknanya dimuat dalam halaman tersendiri sehingga bahan yang didapatkan bisa lebih banyak. Prosesnya bisa lebih cepat dan akurat. SABDA sudah dan terus mengembangkan sistem ITL elektronik untuk mengidentifikasi korelasi antarkata dalam bahasa asli dan terjemahan serta menangkap korelasi tersebut dalam data -- Anda dapat melihat hasilnya dalam situs SABDA.

Dalam pelayanan di bidang Biblical Computing, dengan data, alat, dan pengalaman, SABDA adalah yang pertama dalam sejarah Indonesia untuk membuat ITL -- ITL untuk beberapa versi bahasa Indonesia, Melayu, dan Jawa. Proses/proyek ini sudah dimulai lebih dari 15 tahun yang lalu dan masih dikembangkan terus dalam versi dan bahasa yang lain. Mau tahu lebih banyak tentang ITL? Silakan cek [3], artikel, dan [4] tentang ini.

ITL sangat berguna untuk memahami apa maksud penulis Alkitab karena kita dapat mengetahui idiom, istilah, dan latar belakang kemunculan [5] tersebut. Ini adalah salah satu alat/cara yang fun untuk mempelajari Alkitab!

Diperoleh dari "https://labs.sabda.org/Interlinear"

Halaman ini telah diakses sebanyak 165 kali.
Halaman ini terakhir diubah pada 05:54, 3 Desember 2021.