Login / buat akun
SABDA Labs
Lihat sumber | Diskusi | Versi terdahulu | Pranala balik | Perubahan terkait

Pencarian


Pencarian Alkitab


Ketik kata atau ayat:

Alkitab Bahan


SABDA


Forum
Peta isi
Halaman ini
Lihat sumber
Bagian baru
Versi terdahulu
Halaman saya
Masuk log / buat akun
Halaman istimewa
Halaman istimewa
Daftar halaman
Halaman baru
Perubahan terbaru
Pranala balik
Perubahan terkait

Sejarah SABDA

Dari SABDA Labs

SABDA · Download · Berpartisipasi · Produk YLSA · Panduan · Lain-lain
Manual SABDA Software
Tentang
Sejarah
FAQ
Download
Instalasi
Update
Modul
Tutorial
Tutorial Dasar
Tutorial Mahir

Sejak tahun 1990-an, di Amerika Serikat telah banyak beredar program-program software Alkitab yang sangat berguna untuk menolong proses penyelidikan Alkitab. Salah satu dari program-program yang banyak dikenal saat itu adalahOLB© (OnLine Bible) yang dibuat oleh Larry Pierce dari Kanada.

Salah satu pertimbangan Yayasan Lembaga SABDA memilih program OLB untuk dikembangkan di Indonesia adalah OLB memiliki sistem terbuka, sehingga tidak menyulitkan kalau program ini dipakai oleh khalayak umum tanpa menyalahi peraturan Hak Cipta. Oleh karena itu, pada tahun 1993 mulai dilakukan diskusi dengan Larry Pierce untuk merencanakan pembuatan OLB versi Indonesia. Persetujuan akhirnya dicapai dengan syarat bahwa program software Alkitab ini dapat disebarkan secara gratis (cuma-cuma) kepada masyarakat Kristen Indonesia.

Setelah izin diterima, maka pada permulaan tahun 1993/1994, dimulailah usaha untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan agar pembuatan "OnLine Bible versi Bahasa Indonesia" ini dapat diwujudkan untuk kepentingan masyarakat Kristen Indonesia. Usaha pertama untuk mengembangkan program software OLB adalah menerjemahkan antarmuka OLB ke dalam bahasa Indonesia dan juga teks bantuannya. Lalu dilakukan modifikasi terhadap program software OLB agar dapat lebih cocok jika diintegrasikan dengan bahan-bahan yang tersedia.

Usaha kedua adalah memproses teks-teks Alkitab versi Bahasa Indonesia yang akan dipakai. Untuk memperoleh teks Alkitab versi bahasa Indonesia, YLSA menghubungi Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) untuk menjalin kerjasama. LAI dengan gembira memberikan persetujuan secara lisan. Sebagai tanda persetujuan tersebut, pihak LAI memberikan teks Alkitab yang mereka miliki untuk diproses dan diintegrasikan dengan program OLB. Pada akhir tahun 1994, pemrosesan teks Alkitab versi TB, BIS, dan TL untuk OLB Beta versi Bahasa Indonesia berhasil diselesaikan dengan baik.

Memiliki teks Alkitab saja tidak cukup untuk menjalankan "Sistem Software Alkitab OLB" ini, karena dibutuhkan buku-buku biblika (dan bahan-bahan lain) yang terintegrasi dalam program, sehingga dapat melakukan pembelajaran Alkitab yang benar. Oleh karena itu, sejak dimulainya, proyek ini telah melakukan pengumpulan dan penyeleksian buku-buku biblika yang sudah beredar dan dipakai secara luas dalam bahasa Indonesia. Puji Tuhan, penerbit-penerbit Kristen yang memiliki hak cipta terhadap buku-buku yang dibutuhkan tersebut memberi dukungan yang sangat menggembirakan. Izin berhasil didapatkan dan mulailah dilakukan usaha pemrosesan semua bahan yang tersedia, mulai dari pengetikan, pengindeksan sampai standardisasi format.

Pada akhir tahun 1994, program software OLB versi Indonesia telah dapat dijalankan dengan baik. Pemrosesan teks Alkitab versi TB (Terjemahan Baru), TL (Terjemahan Lama), dan BIS (Bahasa Indonesia Sehari-hari) juga telah diselesaikan dengan baik. Setelah melalui usaha yang tidak kenal lelah dan doa yang tidak pernah putus, maka pada tahun 1995 secara resmi, "Software SABDA©" lahir. Nama SABDA dipilih, selain karena arti rohani yang tepat, yaitu "logos", juga merupakan singkatan dari Software Alkitab, Biblika Dan Alat-alat. Pada akhir tahun 1995, teks Alkitab Indonesia OLB mulai disebarkan kepada banyak pihak secara gratis. Kemudian, pada tanggal 9 Mei 1996, Lembaga Alkitab Indonesia secara resmi memperkenalkan OLB (bahasa Inggris) yang di dalamnya memiliki teks Alkitab versi TB dan BIS (yang diproses oleh Yayasan Lembaga SABDA) kepada masyarakat Kristen di Indonesia.

Sementara itu, Software SABDA© Windows versi Beta juga mulai dikembangkan dan mulai diuji coba. Bukan hanya versi untuk Windows saja, karena pada tahun 1996, lahir satu versi khusus Software SABDA© untuk Macintosh/Apple(tm). Hal ini dapat terwujud karena bantuan beberapa rekan di Jakarta yang juga memiliki visi yang sama dan merindukan sebuah software Alkitab gratis bagi masyarakat Kristen Indonesia.

Ketika dunia internet mulai merebak di Indonesia, maka banyak orang mulai menggunakan jasa internet. YLSA melihat hal ini sebagai kesempatan emas yang dapat dimanfaatkan. Maka, pada awal tahun 1997, Software SABDA© juga hadir dalam versi html sederhana. Pada perkembangannya, YLSA juga membangun situs Alkitab online yang diberi nama SABDAweb. Selain banyaknya bahan yang tersedia, keistimewaan situs SABDAweb adalah tersedianya fasilitas pencarian yang canggih, sehingga mempermudah pengunjung untuk menyelidiki Alkitab.



Sementara itu, usaha untuk terus memutakhirkan program Software SABDA© dan menambah bahan-bahan (modul-modul) baru, baik dari hasil menerjemahkan maupun dari kerjasama dengan penerbit-penerbit Kristen di Indonesia terus dilakukan. Dengan berkembangnya pemakaian media CD, maka YLSA pun juga mulai menyiapkan prototipe berbentuk CD SABDA©.

Pada pertengahan tahun 1999, Tutorial dan juga semua pemrosesan bahan selesai dikerjakan. Saat itu, mulai dipikirkan semua persiapan untuk mencetak Software SABDA© dalam bentuk CD. Bersamaan dengan hal ini, semua design kertas untuk cover, brosur, formulir, dll. juga mulai digarap dan diselesaikan.

Setelah melalui perjuangan yang tidak kenal lelah, akhirnya CD SABDA© versi 2.0 diluncurkan pada awal tahun 2000. Pengumuman pendistribusian SABDA© ditanggapi dengan sangat positif oleh masyarakat Kristen Indonesia secara luas. Dengan cepat, CD SABDA© versi 2.0 mulai tersebar, bukan hanya kepada masyarakat Kristen di Indonesia, tetapi juga yang ada di seluruh penjuru dunia. Sampai saat ini, kami tidak tahu berapa jumlah SABDA© yang sudah tersebar, karena setiap penerima CD SABDA© berhak untuk menyalinnya dan memberikannya kepada orang lain. YLSA sangat rindu melihat masyarakat Kristen Indonesia melakukan penyelidikan Alkitab dengan baik, karena kami percaya hanya dengan mempelajari Firman Tuhan, maka kita dapat mengenal Tuhan dengan baik. Banyak surat yang dilayangkan kepada YLSA untuk menyatakan rasa syukur dan terima kasih atas diluncurkannya Software SABDA©. Hal ini tidak membuat kami puas, sebaliknya malah menggugah kami untuk semakin serius menggarap ladang Tuhan dalam pelayaan "Biblical Computing" ini. Dibandingkan dengan sumber-sumber bahan biblika dalam bahasa Inggris, maka sumber bahan biblika dalam bahasa Indonesia masih sangat ketinggalan. Oleh karena itu, pekerjaan masih banyak, dan ladang Tuhan masih harus digarap lebih banyak.

Bersamaan dengan diluncurkannya CD SABDA© versi 2.0, YLSA juga meluncurkan situs SABDA© ini, yang bertujuan untuk menolong masyarakat Kristen Indonesia mengetahui lebih banyak tentang Software SABDA© dan mendukung pelayanan YLSA.

Sejak diluncurkannya CD SABDA© versi 2.0, sampai akhir tahun 2004, YLSA disibukkan kembali dengan usaha, bukan hanya untuk memutakhirkan program SABDA© sesuai dengan perkembangan program OLB (bahasa Inggris) saja, tapi juga memproses lebih banyak bahan baru untuk ditambahkan ke dalam CD SABDA© versi 3.0.

Sementara itu, tuntutan untuk membangun situs-situs yang dapat mendukung pelayanan Biblical Computing di Indonesia juga sangat mendesak. Oleh karena itu sejak tahun 2003, YLSA juga merintis proyek-proyek situs pendukung Situs SABDAweb, misalnya Situs Sejarah Alkitab Indonesia. Pada akhir tahun 2004 juga dipersiapkan situs lain, yaitu situs SABDA.net, untuk menjadi pusat download bahan-bahan SABDA©.

Tahun 2010, puji Tuhan Software SABDA© versi 4.0 sudah dapat diselesaikan dan telah tersedia di SABDA.net, walaupun belum tersedia dalam bentuk CD. Selain itu kini juga telah tersedia situs Alkitab SABDA yang merupakan kelanjutan dari situs SABDAweb, dan situs Alkitab.mobi yang ditujukan untuk pengguna telepon seluler. Alkitab dalam media audio kini juga tersedia dan dapat diunduh melalui situs Audio SABDA. Tidak lupa pula kami mengikuti arah perkembangan teknologi, terutama jejaring sosial, dan kini situs pembelajaran Alkitab terlengkap di Indonesia juga hadir di Facebook berupa aplikasi Alkitab yang dapat Anda pasang di halaman Anda.

Demikianlah sekilas sejarah bagaimana Software SABDA© lahir, bertumbuh, dan juga berkembang. Bergabunglah bersama kami.... dan menjadi bagian dari masa depan Software SABDA© untuk kemuliaan TUHAN!!

Timeline SABDA

Berikut adalah kronologi peristiwa program SABDA:

1990

Sejak tahun 90-an, di Amerika Serikat telah banyak beredar program-program software Alkitab yang sangat berguna untuk menolong proses penyelidikan Alkitab. Salah satu dari program-program yang banyak dikenal saat itu adalah OLB (OnLine Bible) yang dibuat oleh Larry Pierce dari Kanada. Salah satu pertimbangan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) memilih program OLB untuk dikembangkan di Indonesia adalah OLB memiliki sistem terbuka, sehingga tidak menyulitkan kalau program ini dipakai oleh khalayak umum tanpa menyalahi peraturan hak cipta.

1993

Dilakukan diskusi dengan Larry Pierce untuk merencanakan pembuatan OLB versi Indonesia. Persetujuan akhirnya dicapai dengan syarat bahwa program software Alkitab ini dapat disebarkan secara gratis (cuma-cuma) kepada masyarakat Kristen Indonesia.

1994

Dimulailah usaha untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan agar pembuatan "OnLine Bible versi Bahasa Indonesia" ini dapat diwujudkan untuk kepentingan masyarakat Kristen Indonesia. Usaha pertama untuk mengembangkan program software OLB adalah menerjemahkan menu antarmuka OLB ke dalam bahasa Indonesia dan juga berkas bantuannya. Lalu dilakukan modifikasi terhadap program software OLB agar dapat lebih cocok jika diintegrasikan dengan bahan-bahan yang tersedia. Usaha kedua adalah memproses teks-teks Alkitab versi Bahasa Indonesia yang akan dipakai. Untuk memperoleh teks Alkitab versi bahasa Indonesia, kami menghubungi Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) untuk menjalin kerjasama. LAI dengan gembira memberikan persetujuan secara lisan. Sebagai tanda persetujuan tersebut, pihak LAI memberikan teks Alkitab yang mereka miliki untuk diproses dan diintegrasikan dengan program OLB. Pada akhir tahun 1994, pemrosesan teks Alkitab versi TB, BIS, dan TL untuk OLB Beta versi Bahasa Indonesia berhasil diselesaikan dengan baik.
Memiliki teks Alkitab saja tidak cukup untuk menjalankan "Sistem Software Alkitab OLB" ini, karena dibutuhkan buku-buku biblika (dan bahan-bahan lain) yang terintegrasi dalam program, sehingga dapat melakukan pembelajaran Alkitab yang benar. Oleh karena itu, sejak dimulainya, proyek ini telah melakukan pengumpulan dan penyeleksian buku-buku biblika yang sudah beredar dan dipakai secara luas dalam bahasa Indonesia. Puji Tuhan, penerbit-penerbit Kristen yang memiliki hak cipta terhadap buku-buku yang dibutuhkan memberi dukungan yang sangat menggembirakan. Izin berhasil didapatkan dan mulailah dilakukan usaha pemrosesan semua bahan yang tersedia, mulai dari pengetikan, pengindeksan sampai standardisasi format. Pada akhir tahun 1994, program software OLB versi Indonesia telah dapat dijalankan dengan baik. Pemrosesan teks Alkitab versi TB (Terjemahan Baru), TL (Terjemahan Lama), dan BIS (Bahasa Indonesia Sehari-hari) juga telah diselesaikan dengan baik.

1995

Setelah melalui usaha yang tidak kenal lelah dan doa yang tidak pernah putus, maka pada tahun 1995 secara resmi, "SABDA©" lahir. Nama SABDA dipilih, selain karena arti rohani yang tepat, yaitu "logos", juga merupakan singkatan dari Software Alkitab, Biblika, Dan Alat-alat. Pada akhir tahun 1995, teks Alkitab Indonesia OLB mulai disebarkan kepada banyak pihak secara gratis. Kemudian, pada tanggal 9 Mei 1996, Lembaga Alkitab Indonesia secara resmi memperkenalkan OLB (bahasa Inggris) yang di dalamnya memiliki teks Alkitab versi TB dan BIS (yang diproses oleh Yayasan Lembaga SABDA) kepada masyarakat Kristen di Indonesia.

1996

SABDA© Windows versi Beta juga mulai dikembangkan dan mulai diuji coba. Bukan hanya versi untuk Windows saja, karena pada tahun 1996, lahir satu versi khusus SABDA© untuk Macintosh/AppleT. Hal ini dapat terwujud karena bantuan beberapa rekan di Jakarta yang juga memiliki visi yang sama dan merindukan sebuah software Alkitab gratis bagi masyarakat Kristen Indonesia.

1997-1998

Program SABDA© juga hadir dalam versi HTML sederhana. Pada perkembangannya, YLSA juga membangun situs Alkitab online yang diberi nama Situs SABDAweb. Selain banyaknya bahan yang tersedia, keistimewaan situs SABDAweb adalah tersedianya fasilitas pencarian yang canggih, sehingga mempermudah pengunjung untuk menyelidiki Alkitab. Sementara itu, usaha untuk terus meng-upgrade program SABDA© dan menambah bahan-bahan (modul-modul) baru, baik dari hasil menerjemahkan maupun dari kerjasama dengan penerbit-penerbit Kristen di Indonesia terus dilakukan. Dengan berkembangnya pemakaian media CD, maka YLSA pun juga mulai menyiapkan protopype bentuk CD SABDA©.

1999

Help/Tutorial selesai dikerjakan dan juga semua pemrosesan bahan. Saat itu, mulai dipikirkan semua persiapan untuk mencetak SABDA© dalam bentuk CD. Bersamaan dengan hal ini, semua design kertas untuk cover, brosur, formulir, dll. juga mulai digarap dan diselesaikan.

2000-2001

CD SABDA© versi 2.0 diluncurkan pada awal tahun 2000. Pengumuman pendistribusian SABDA© ditanggapi dengan sangat positif oleh masyarakat Kristen secara luas. Dengan cepat, CD SABDA© versi 2.0 mulai tersebar, bukan hanya kepada masyarakat Kristen di Indonesia, tetapi juga yang ada di seluruh penjuru dunia. Sampai saat ini, kami tidak tahu berapa jumlah SABDA© yang sudah tersebar, karena setiap penerima CD SABDA© berhak untuk menggandakannya dan memberikannya kepada orang lain. YLSA sangat rindu melihat masyarakat Kristen Indonesia melakukan penyelidikan Alkitab dengan baik, karena kami percaya hanya dengan mempelajari Firman Tuhan, maka kita dapat mengenal Tuhan dengan baik. Banyak surat yang dilayangkan kepada YLSA untuk menyatakan rasa syukur dan terima kasih atas diluncurkannya SABDA©. Hal ini tidak membuat kami puas, sebaliknya malah menggugah kami untuk semakin serius menggarap ladang Tuhan dalam pelayaan "Biblical Computing" ini. Dibandingkan dengan sumber-sumber bahan biblika dalam bahasa Inggris, maka sumber bahan biblika dalam bahasa Indonesia masih sangat ketinggalan. Oleh karena itu, pekerjaan masih banyak, dan ladang Tuhan masih harus digarap lebih banyak.Bersamaan dengan diluncurkannya CD SABDA© versi 2.0, YLSA juga meluncurkan Situs SABDA©, yang bertujuan untuk menolong masyarakat Kristen Indonesia mengetahui lebih banyak tentang SABDA© dan mendukung pelayanan SABDA©.

2002

Pada tahun ini, YLSA melakukan update terhadap Situs SABDAweb, yang merupakan situs Alkitab online yang mulai dikerjakan pada tahun 1997. Pengembangan terhadap program SABDA© sendiri terus dilakukan pada tahun ini, salah satunya adalah memproses audio Alkitab untuk program SABDA© sehingga memungkinkan pengguna untuk dapat mendengarkan Alkitab dengan program SABDA©.

2003

Pada tahun ini, YLSA memutakhirkan (upgrade) program SABDA© ke versi yang paling baru yaitu versi 1.33. Penambahan bahan-bahan baru dalam program SABDA© juga dilakukan. Selain pengembangan program SABDA©, YLSA juga merintis beberapa proyek lainnya antara lain, merintis pembuatan situs SABDA.net untuk mendukung peluncuran CD SABDA© ver. 3.0, merintis proyek situs Sejarah Alkitab Indonesia (SAI) yang merupakan situs pendukung Situs SABDAweb, memulai proyek baru Interlinear Alkitab bahasa Yunani dan PB !!-- Bahasa Indonesia. Pada tahun yang sama, YLSA juga memproses audio Alkitab MP3 untuk dikeluarkan dalam bentuk CD.

2004

Pada tahun 2004, kami terus mengusahakan selesainya CD SABDA© versi 3.0 agar bisa segera dirilis pada akhir tahun 2004. Di samping itu, kami juga terus mengerjakan Interlinear Alkitab bahasa Yunani dan PB !!-- Bahasa Indonesia yang telah dimulai pada tahun sebelumnya. YLSA juga melanjutkan pemrosesan audio Alkitab, saat ini tidak hanya audio TB saja, tetapi juga BIS dan bahasa Tionghoa. Pada akhir tahun 2004 diluncurkan situs SABDA.net, yang menjadi pendukung dari program SABDA©, salah satunya sebagai pusat download bahan-bahan SABDA©.

2005

Puji Tuhan! Pada Oktober 2005 CD SABDA© versi 3.0 Beta selesai dikerjakan dan dicetak. Pada CD SABDA© versi 3.0 ini tidak hanya dilakukan pemutakhiran (upgrade) dari sisi program saja, tetapi juga ditambahkan beberapa data baru yang akan semakin memperkaya pengguna dalam mempelajari firman Tuhan. Peluncuran CD SABDA© versi 3.0 Beta juga diikuti dengan pendistribusian. Proses distribusi melibatkan distributor-distributor sukarelawan dari berbagai kota di Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri. Selesainya proyek CD SABDA© versi 3.0 juga membangkitkan lagi publikasi Berita SABDA yang telah vakum sejak tahun 2001.

Pada tahun ini juga dilanjutkan pemrosesan audio Alkitab, dengan memproses Alkitab Bahasa Sunda. Pada tahun ini pula, muncul konsep NET Bible, konsep situs Alkitab online untuk versi NET Bible.

2006

Proyek NET Bible mulai dikerjakan pada tahun ini. Sebagai hasilnya jadilah prototype NET Bible I. Pada bulan Juli tahun ini dilakukan training CD SABDA© di Purwokerto, sebagai cara untuk mengajarkan pembelajaran Firman Tuhan menggunakan CD SABDA© kepada anak-anak Tuhan di sana.

2007

Pengembangan terhadap situs NET Bible terus dilakukan pada tahun ini, beberapa pengembangan yang dilakukan adalah menambahkan fungsi-fungsi baru, penggunaan teknologi SOLR sehingga memungkinkan pencarian kata dengan lebih cepat dan lebih "powerful", mengembangkan NET Bible Open Search, dan beberapa pengembangan lainnya.

Pada tahun ini juga menjadi tahun dimulainya group SABDA Dev yang merupakan sekumpulan anak-anak Tuhan yang melakukan pengujian terhadap produk-produk SABDA, terutama CD SABDA©. Presentasi juga dilakukan oleh YLSA di beberapa lokasi, antara lain: Universitas Maranatha Bandung, Jakarta pada acara "2nd Annual Gathering IT Ministry" dan ITHB Bandung.

2008

Pada tahun ini ditambahkan beberapa fitur baru dalam NET Bible, di antaranya adalah Arts (Gambar), Hymn (Himne), dan Map (Peta). Pada tahun ini juga dimulai pengerjaan Alkitab Multilingual yang merupakan situs Alkitab online yang mendukung beberapa bahasa dan versi Alkitab. Situs ini merupakan pengembangan situs NET Bible dan yang menjadi cikal bakal situs Alkitab SABDA. Beberapa proyek yang lain juga dikerjakan pada tahun ini yaitu redesain SABDA.net (Drupal) dan pemutakhiran (upgrade) situs SABDA Audio (Drupal).

2009

Januari tahun 2009 diluncurkan situs Alkitab SABDA versi Alpha dan diikuti peluncuran situs Alkitab SABDA versi Beta pada bulan Maret. Pada tahun ini Alkitab SABDA berkembang dengan penambahan banyak fitur-fitur baru, seperti halaman Commentary (komentari) dan Expository (ekspositori). Tidak hanya dari sisi fitur, tetapi juga dilakukan pemrosesan banyak data, baik data Alkitab, catatan/tafsiran, leksikon, dll.
Pada akhir tahun 2009, setelah dilakukan upgrade program SABDA© menjadi versi 3.00 dan penambahan beberapa bahan baru, akhirnya diluncurkan CD SABDA 3.0 Final. Pada tahun ini juga dilakukan training SABDA dan Alkitab SABDA di Solo, Purwokerto, dan Salatiga.

2010

Pada tahun 2010 terus dilakukan pemrosesan terhadap SABDA 4. Pada versi ini ditambahkan beberapa modul baru baik modul Alkitab, buku maupun kamus. Tidak hanya menambahkan modul-modul baru, tetapi juga dilakukan update terhadap beberapa modul yang sudah ada pada versi sebelumnya. SABDA 4 merupakan versi Unicode dan sudah mendukung penggunaan di Linux via Wine. Versi ini sudah tidak mendukung Windows 98.
Pada tahun ini YLSA juga memproses CD-CD Alkitab Audio Perjanjian Baru dalam format MP3 dilengkapi dengan teks Alkitab di dalamnya. Berikut adalah CD-CD Alkitab Audio yang disediakan oleh Yayasan Lembaga SABDA: versi bahasa Indonesia (TB, BIS, Shellabear), versi bahasa Daerah (Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Madura, Bahasa Aceh, Bahasa Nias, Bahasa Bali, Bahasa Malaysia, Bahasa Jawa Suriname (Karibia)), versi bahasa asing (Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Bahasa Yunani Asli/Kuno). Selain memproses Audio Perjanjian Baru, YLSA juga telah memproses Audio TB untuk Perjanjian Lama (Mazmur, Amsal, Pengkhotbah).

2011

Update Software SABDA 4.08.01: 6 modul-modul baru dan 4 modul update

2012-2013

Tutorial SABDA: SABDA 3 Menit. DVD Library Anak 1.2 diluncurkan

2014

20 Tahun Pelayanan SABDA. Produk baru: DVD Konseling, DVD Dengar Alkitab, DVD Alkitab Aksara Jawa

2015

SABDA Alkitab, dan belasan aplikasi SABDA tersedia di Play Store untuk piranti Android

2016

Update Software SABDA 5


Diperoleh dari "http://labs.sabda.org/Sejarah_SABDA"

Halaman ini telah diakses sebanyak 1.800 kali.
Halaman ini terakhir diubah pada 10:19, 23 Maret 2017.