Login / buat akun
SABDA Labs
Lihat sumber | Diskusi | Versi terdahulu | Pranala balik | Perubahan terkait

Pencarian


Pencarian Alkitab


Ketik kata atau ayat:

Alkitab Bahan


SABDA


Forum
Peta isi
Halaman ini
Lihat sumber
Bagian baru
Versi terdahulu
Halaman saya
Masuk log / buat akun
Halaman istimewa
Halaman istimewa
Daftar halaman
Halaman baru
Perubahan terbaru
Pranala balik
Perubahan terkait

Tentang YLSA

Dari SABDA Labs

SABDA · Download · Berpartisipasi · Produk YLSA · Panduan · Lain-lain

Apa itu YLSA?

Perkembangan teknologi dan internet sangatlah pesat dan peranannya dalam segala bidang kehidupan manusia menjadi semakin luas. Demikian juga di dalam kehidupan masyarakat Kristen, khususnya di Indonesia. Meskipun demikian, banyak anggota masyarakat Kristen Indonesia yang masih merasa asing dan canggung untuk menggunakan komputer sebagai alat bantu dalam menjalankan tugas dan pekerjaan, khususnya untuk menjalankan tugas pelayanan Kristennya.

Untuk menyiapkan masyarakat Kristen Indonesia dalam mengantisipasi kemajuan teknologi yang semakin pesat inilah, maka Yayasan Lembaga SABDA (YLSA, baca: [ilsa] - selalu ditulis dalam huruf kapital) didirikan.

Yayasan Lembaga SABDA ini adalah yayasan nirlaba (non-profit) yang bergerak dalam bidang pelayanan media elektronik komputer. Visi YLSA adalah ingin menjadi pelayan dan hamba bagi Tubuh Kristus (masyarakat Kristen Indonesia) melalui pelayanan elektronik: "Electronic Servants" to Christ's Body

Kata "SABDA" (dalam bahasa Yunani artinya LOGOS) adalah singkatan dari: "Software Alkitab, Biblika Dan Alat-alat", yang merupakan salah satu produk utama pelayanan YLSA dari Divisi Software.

Daftar isi

Visi YLSA

Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) adalah organisasi Kristen interdenominasi nir-laba yang bergerak dalam bidang pelayanan media komputer dan internet. Visi pelayanan YLSA lahir dari sebuah pertanyaan, "Apa peran teknologi bagi Kerajaan Tuhan?" Untuk menjawab pertanyaan inilah YLSA hadir dengan visi untuk menjadi "hamba elektronik" bagi Tubuh Kristus -- "e-Servant" to the Body of Christ. Sedangkan misi YLSA adalah untuk menjadi jembatan penghubung; fasilitator, katalisator dan infrastruktur bagi pelayanan media komputer dan internet di Indonesia.

Teknologi Informasi (IT) telah mengubah gaya hidup manusia. Bagaimana kita memanfaatkannya untuk menjadi sarana bagi kemajuan Injil? Sudah saatnya orang Kristen berhenti menjadi penonton, karena masing-masing kita dapat menjadi agen pengubah bagi proses pengembangan pelayanan di Indonesia. Mari kita menangkan Indonesia bagi Kristus dengan Teknologi Informasi (IT)!

Misi YLSA

Adapun Misi YLSA dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Menjadi katalisator antara masyarakat Kristen, komputer dan Alkitab dengan menyediakan software Alkitab (termasuk Rak Buku Elektronik) guna menolong orang Kristen Indonesia belajar Firman Tuhan dengan lebih sehat dan tepat melalui komputer.
  2. Menjadi penyedia infrastruktur bagi pelayanan media elektronik internet untuk masyarakat Kristen Indonesia, sehingga mereka memiliki sistem komunikasi yang dapat dipakai untuk mengoptimalkan pemakaian sumber informasi Kristen secara lebih luas.
  3. Memobilisasi orang-orang Kristen pengguna komputer untuk ikut ambil bagian dalam tugas pelayanan elektronik guna mendukung Tubuh Kristus di mana pun mereka berada.

Dasar YLSA

Falsafah pelayanan YLSA diambil dari prinsip Matius 10:8b,

"Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma,karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma."
["Freely you have received, freely give."] (Mat 10:8)

Dari falsafah ini terlihat jelas bahwa semua pelayanan yang diberikan oleh YLSA kepada gereja/yayasan/persekutuan/pribadi tidak akan dipungut biaya apapun (gratis). Namun apabila mereka yang menerima pelayanan YLSA mendapatkan berkat melalui pelayanan YLSA maka biarlah mereka meneruskannya dengan memberitahukan kepada saudara-saudara seiman yang lain tentang pelayanan YLSA supaya mereka pun juga mendapatkan berkat.

Motto YLSA

Terus maju dalam Tuhan, gunakan setiap kesempatan, waktu, talenta, kesungguhan dan kemurnian untuk melayani Tuhan. Biarlah banyak jiwa-jiwa dimenangkan dan didewasakan bagi Kristus.

Fokus Pelayanan YLSA

Sejak berdirinya tahun 1994 sampai sekarang, YLSA terus mengembangkan pelayanannya secara konsisten melalui 4 fokus bidang pelayanannya.

  1. BIBLICAL COMPUTING DAN RESOURCES [BC]

    YLSA memanfaatkan kecanggihan teknologi komputer untuk mempelajari Alkitab. Sebagai hasilnya YLSA telah meluncurkan SABDA (Software Alkitab, Biblika Dan Alat-alat), Situs Alkitab dan bahan-bahan referensi biblika online (SABDAweb), proyek multi-interlinier (e- ITL), dan juga cd-cd Alkitab audio MP3 dalam bahasa Indonesia dan Daerah.

  2. DIGITAL PUBLISHING DAN ELEKTRONIK LIBRARIES [DP]

    YLSA membangun infrastruktur untuk sebuah pusat bahan kekristenan elektronik (e-Libraries) yang disebarluaskan pemakaiannya lewat situs-situs SABDA Katalog, publikasi elektronik SABDA.org, dan CD-CD sumber bahan dari berbagai bidang pelayanan dengan jumlah materi yang sangat banyak, diantaranya: bidang biblika SABDAweb, e-Misi, anak (sekolah minggu) PEPAK, konseling (C3I), leadership (Indo Lead), penulis Kristen (Pelitaku), teologia (Soteri) dan pelayanan penjangkauan (Kekal)(outreach).

  3. CHRISTIAN e-COMMUNITIES [XC]

    YLSA menfasilitasi dibangunnya komunitas Kristen online yang dapat memberi dampak besar bagi perubahan dan perkembangan pelayanan di Indonesia melalui berbagai bentuk pelayanan interaktif di internet, yaitu milis-milis I-KAN SABDA.org, blog SABDA Space dan forum Kristen Pelitaku], dll.

  4. DIGITAL LEARNING DAN TRAINING [DL]

    YLSA menyediakan pusat pembelajaran online (Digital Education) bagi masyarakat Kristen Indonesia melalui kursus/kelas PESTA Online (Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam) dan membangun jaringan konsultasi dan pelatihan bersama lembaga-lembaga Kristen lain.

Bantu YLSA

Namun demikian, visi, misi dan kerinduan YLSA tidak mungkin dapat tercapai tanpa kerjasama dari banyak pihak. YLSA hanyalah wadah dan sarana yang dapat dipakai oleh masyarakat Kristen Indonesia untuk mewujudkan panggilan Tuhan lewat pelayanan media elektronik. Oleh karena itu YLSA mengundang umat Kristen pengguna komputer untuk berpartisipasi mendukung pekerjaan Tuhan dengan mengirimkan informasi-informasi yang berguna bagi kemajuan pelayanan gereja/yayasan/persekutuan Kristen Indonesia. Dan dukungan lain yang sangat penting dan diperlukan YLSA adalah dukungan doa. Tanpa doa pelayanan YLSA tidak mungkin dapat berjalan sesuai dengan kehendak Tuhan. Bila Anda rela mendukung dalam dana :

Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Bank BCA Cabang Pasar Legi
No. Rekening: 0790266579
a.n. Yulia Oeniyati

Anda dapat menghubungi Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) melalui email: Email: ylsa(at)sabda.org

Baca pula

Mitra YLSA

ONLINE BIBLE (OLB)
http://www.OnLineBible.org/

On-Line Bible (OLB) merupakan sumber untuk software SABDA dalam versi bahasa Inggris. Jadi, SABDA adalah OLB dalam edisi bahasa Indonesia.

Diperoleh dari "http://labs.sabda.org/Tentang_YLSA"

Halaman ini telah diakses sebanyak 2.073 kali.
Halaman ini terakhir diubah pada 13:16, 30 November 2011.